3 Niche Blog Bertrafik Tinggi

         Niche blog atau juga disebut niche blogging adalah tindakan menciptakan sebuah blog dengan maksud menggunakannya untuk ceruk pasar tertentu (niche market). Oleh karena itu sebuah blog dikatakan sebagai blog niche jika berisi artikel yang membahas informasi tertentu, bukan informasi campuran atau gado-gado. Oleh karena itu dalam bahasa umum “niche blog” diartikan sebagai tema blog, dan “blog niche” artinya blog bertema khusus.
         Setiap blog niche memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Bagi seorang blogger yang berperan menjadi publisher adsense, memilih niche yang tepat sangatlah penting untuk memaksimalkan pendapatan adsense. Namun sayangnya setiap niche yang menghasilkan trafik tinggi biasanya memiliki persaingan rendah di iklan di adsense sehingga memberikan BPK rendah. Dan sebaliknya pula, jika niche yang bertrafik rendah biasanya memiliki persaingan ketat di iklan adsense dan menghasilkan BPK tinggi.
          Sebagai contoh, blog dengan niche asuransi dianggap bisa menampilkan iklan adsense ber-HPK tinggi, namun jumlah pengunjung blog bertema asuransi sangatlah sedikit jika dibandingkan dengan niche lainnya.
        Namun setidaknya niche yang memungkinkan blog bertrafik tinggi akan lebih baik daripada niche yang bertrafik rendah. Karena dengan memiliki jumlah visitor banyak maka sebuah blog bisa dimonetasi dengan cara apa saja.
Berikut ini ada 3 niche blog yang menurut saya bertrafik tinggi.
1. Niche Blogger
               Niche blogger adalah blog yang membahas tentang segala macam hal-hal yang terkait
    dengan teknik perbloggeran, dan pengunjungnya adalah sesama blogger. Blogger merupakan
    pengguna internet paling aktif dan bisa ditargetkan sebagai pengunjung tetap bagi blog berniche
    blogger. Bahkan sebuah blog berniche blogger mudah dihafal oleh pengunjungnya yang tak lain
    sesama blogger juga. Niche blogger ini kurang cocok bagi publisher adsense karena
    pengunjungnya adalah sesama blogger, dan tidak sedikit pula pengunjungnya sesama publisher
    adsense. Jadi hal itu sama dengan jeruk makan jeruk. Tapi biarin ajalah karena seorang blogger
    biasanya menyukai artikel tentang sesuatu yang digelutinya, termasuk ngeblog. Meskipun dia
    seorang guru atau seorang dukun, pasti suatu saat mereka akan menulis artikel tentang cara
    membuat blog dkk.
2. Niche Mistis
    Niche mistis adalah blog yang berisi artikel segala macam informasi yang terkait dengan dunia
    gaib, hantu-hantuan, supranatural, ilmu kebatinan, paranormal dan sebagainya. Pengunjung alam
    gaib di internet jumlahnya cukup banyak terutama di wilayah nusantara seperti Indonesia, malaysia
    dan Singapore.  Mayoritas mereka sangat suka dan tertarik dengan cerita-cerita mistis yang
    terkadang cerita mistis tersebut hanya omong kosong. Sementara persediaan artikel untuk cerita
    mistis tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan niche lainnya, dan hal ini yang membuat blog
    dengan niche mistis bisa mendapat banyak trafik. Niche mistis kurang cocok untuk adsense karena
    tidak ada advertiser yang beriklan tentang produk pengusir hantu atau alat penangkap tuyul.
     Paling-paling hanya ada beberapa pengiklan adwords yang menawarkan produk ilmu pelet, cepat
     jodoh dan sejenisnya. Persaingan iklan mereka tidak begitu ketat.
3. Niche aneh dan unik
             Niche aneh dan unik saat ini menduduki peringkat ketiga karena terlalu banyak persaingan,
     terutama situs besar. Banyak website besar yang juga memposting cerita aneh dan unik, misalnya
     10 manusia tertinggi di dunia, 10 gunung berapi dengan ledakan paling dahsyat, 7 hewan yang
     makan sambil mengaum, 10 pria tercantik di dunia, dan sebagainya. Dulunya artikel aneh dan
     unik menjadi juara satu di search engine, tapi setelah internet mulai memasyarakat di semua
     kalangan di Indonesia maka artikel semacam itu dianggap artikel basi. Kini banyak pengguna
     internet  lebih memilih artikel tentang teknologi yang berhubungan dengan internet. Niche unik
     dan aneh ini lumayan bagus untuk adsense karena bisa memunculkan iklan yang bervariasi.
              Pengunjung akan tertarik untuk mengklik iklan yang belum pernah mereka lihat daripada
      iklan yang setiap hari hanya itu-itu aja yang biasanya tampil di blog niche tertentu yang sangat
      spesifik.
* Kini jumlah blogger semakin meningkat seiring dengan memasyarakatnya produk gadget di kalangan masyarakat. Bahkan banyak anak SD sudah bisa mengakses internet dan sudah pandai ngeblog. Padahal sebelumnya ngeblog hanya bisa dilakukan oleh usia menengah ke atas.
          Maka jika kita peka dan mau memahami terhadap perkembangan netter, jumlah jumlah pengguna internet meningkat signifikan dan mayoritas mereka bisa membuat blog. Seperti yang pernah saya sampaikan pada posting sebelumnya, kini jumlah blogger semakin banyak. Saya tahu hal ini setelah melihat adanya peningkatan update artikel di kalangan blogger. Oleh karena itu sebaiknya silakan anda baca juga informasi tentang Frekuensi Update Para Blogger Meningkat Tajam. Semoga bermanfaat.

Komentar